Ta’qib Salat

Masalah 734) Setelah selesai salat mushalli dianjurkan untuk berdoa, berdzikir atau membaca al-Quran. Amalan ini disebut sebagai ta’qib dan baiknya dilakukan dalam kondisi duduk dan menghadap kiblat dan masih ada wudhu (atau mandi dan tayamum).

Masalah 735) Ta’qib salat tidak wajib diucapkan dengan bahasa Arab, tetapi lebih baik untuk membaca zikir-zikir dan doa-doa yang berasal dari para imam as. Di antaranya yang paling baik adalah zikir yang terkenal dengan nama Tasbih az-Zahra ‘alaihassalam. Caranya adalah membaca الله اكبر“”(Allah Mahabesar) sebanyak 34 kali, “الحمد لله ” (Segala puji bagi Allah) sebanyak 33 kali dan membaca “سبحان الله” (Mahasuci Allah) sebanyak 33 kali.

Masalah 736) Seusai salat, mustahab untuk melakukan sujud syukur yaitu meletakkan dahi di atas tanah dengan tujuan untuk bersyukur atas segala nikmat dan taufik yang diberikan oleh Allah atas salat. Bacaan yang lebih baik untuk diucapkan dalam sujud ini adalah “شكرا لله ” (syukran lillah) sebanyak tiga kali atau lebih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jadwal Salat Kota Jakarta